• icon021-84595695
  • iconsatsiber@mabestni.mil.id

Berita & Artikel

Peringatan Keamanan

Fitur ‘Hapus 15 Menit Terakhir’ Riwayat Pencarian Dirilis di Android


2022-03-28


milcsirt-tni.mil.id – Google, perusahaan internet AS, merilis fitur “hapus riwayat” yang akan menghapus permintaan pencarian dalam 15 menit terakhir.

Fitur tersebut akan tersedia untuk aplikasi Google di sistem operasi Android, dikutip dari Ars Technica, Rabu (23 Maret 2022).

Google sebelumnya mengumumkan fitur tersebut pada Google I/O 2021 yang dihelat Mei tahun lalu dan tersedia di aplikasi iOS dua bulan kemudian. Karena sejumlah alasan, Google butuh hampir setahun untuk menghadirkan fitur itu ke Android.

“Ini akan tersedia untuk semua orang dalam beberapa pekan ke depan,” Juru Bicara Google Ned Adriance dalam sebuah pernyataan kepada The Verge.

Untuk memeriksa apakah di ponsel Anda terdapat fitur ini, buka aplikasi Google>ketuk gambar profil Anda di kanan atas>Anda akan melihat opsi “hapus 15 menit terakhir” di bagian bawah “Search History”.

Namun, jika Anda belum mendapatkan fitur ini, cek apakah ada pembaruan aplikasi atau barangkali masih menunggu waktu.


Foto: Ars Technica


Menghapus riwayat pencarian (Search History) seperti menghapus riwayat browser, tetapi Google menyimpan riwayat pencarian ke akun Anda di cloud.

Riwayat Google Search melacak "hal-hal yang Anda cari, hasil yang Anda klik, dan cerita yang Anda baca" saat menggunakan aplikasi Google atau Google.com.

Google juga menangkap lokasi Anda, ditambah rekaman audio jika Anda menjalankan pencarian suara. Istilah pencarian digunakan untuk menampilkan iklan yang lebih relevan, tentu saja, tetapi juga untuk prediksi pencarian di masa mendatang dan untuk menampilkan konten di Google Discover, tulis Ars Technica.

Kontrol untuk riwayat pencarian berada di fitur "Aktivitas Web &Aplikasi". Di aplikasi, Anda dapat mengontrol pengaturan ini dengan mengetuk tombol "Search History" atau Anda dapat menuju ke myactivity.google.com melalui peramban web.

“Aktivitas Web & Aplikasi” dapat dimatikan sepenuhnya, atau Anda dapat mengatur sistem untuk penghapusan otomatis riwayat pencarian untuk jangka waktu tiga bulan, 18 bulan, atau 36 bulan.[rootgeek]